• Kelas Komik Mujix: Komik Itu Apa Sih?

    KELAS KOMIK MUJIX: KOMIK ITU APA SIH


    Hai, selamat datang di ‘Kelas Komik Mujix: Eps.1. Komik Itu Apa Sih’! Di postingan ini, aku akan mengulas mengenai serba-serbi arti dan definisi komik yang dicetuskan oleh para pakar. Sebelum membaca artikel ini dengan gembira, jangan lupa berdoa dan menyiapkan camilan ya. Here we go!



    ***

    Prolog dulu, Peradaban manusia telah menciptakan berbagai budaya popular. Mulai dari music, fim, fashion, hingga komik. Nah, sebelum bergulat dengan ‘ribetnya’ materi membuat komik,  baik itu secara teknis dan non teknis, sepertinya mending kita mempelajari definisi dari komik terlebih dahulu. Materi paling awal dan paling dasar. Masih banyak lho, orang di luar sana yang ternyata belum mengerti tentang arti ‘komik‘ (baik secara konseptual maupun tekstual).

     


    Apalagi di masa sekarang ini, pengertian komik kadang tumpang tindih dengan istilah lain, misalnya, kata ‘comic’ dipakai oleh beberapa kalangan masyarakat untuk menyebut ‘pelaku stand up comedy’. Beberapa lainnya malah salah kaprah tertukar dengan merk obat batuk di Indonesia. Nah dengan bergabungnya kalian di Kelas Komik Mujix, ada misi besar bernama ‘mengedukasi masyarakat’ mengenai segala hal yang berhubungan dengan komik. Berat? Tentu saja! Namun aku rasa itu sebuah pengorbanan yang layak untuk sebuah ‘lingkungan komik’ yang baik di masa depan. Hehehe

     


    Sudah siap? Balik lagi ke materi utama, Jadi komik itu apa sih? So, sebelum semuanya makin rusuh, yuk kita simak mengenai serba-serbi arti dan definisi komik yang dicetuskan oleh para pakar:

     


    1.       KBBI: Kamus Besar Bahasa Indonesia.

    Definisi komik pertama diambil dari, Kamus Besar Bahasa Indonesia, sebuah kamus ekabahasa resmi bahasa Indonesia yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka.

     

    Nah, menurut KBBI, komik diartikan “sebagai suatu cerita bergambar yang sifatnya mudah dicerna dan lucu (biasanya terdapat di majalah, surat kabar, atau dibuat berbentuk buku”.

     


    2.       Will Eisner.

    Definisi komik kedua dikutip dari pendapat Will Eisner, seorang kartunis, penulis, dan illustrator handal yang sudah menjadi legenda di kalangan pelaku komik industry. Ada dua pendapat yang menarik, nah kalau menurut Omm Will Eisner dalam bukunya yang berjudul ‘Comic & Sequential Art’ di tahun 1986, komik adalah “Susunan gambar-gambar dan kata-kata untuk menceritakan sesuatu atau mendramatisasi ide”.

     

    Pendapatnya yang kedua, komik merupakan “Tatanan gambar dan balon kata yang berurutan, dalam sebuah komik”, pendapat ini dicetuskan dalam karyanya yang berjudul ‘Graphic Storytelling and Visual Narrative‘ di tahun 1996.

     


    3.       Scott Mc Cloud.

    Definisi komik ketiga diambil dari pendapat Scott Mc Cloudd seorang komikus dan penulis buku teori komik, yang karyanya soal teori komik sudah menjadi pegangan wajib di kalangan komikus. Melalui bukunya yang berjudul ‘Understanding Comic’ yang diluncurkannya di tahun 1993, Kang Scott Mc Cloud berpendapat komik adalah “Gambar-gambar dan lambang-lambang lain yang terjukstaposisi dalam urutan tertentu, bertujuan untuk memberikan informasi dan/atau mencapai estetis pembaca.”

     


    4.       Arswendo Atmowiloto.

    Definisi komik keempat dikutip dari seorang sastrawan dan jurnalis Indonesia pecipta novel Keluarga Cemara yang pernah mendapat julukan ‘penulis paling produktif’. Arswendo berpendapat jika ‘istilah cerita gambar disingkat ‘cergam’ dicetuskan oleh seorang komikus medan bernama Zam Nuldyn, pada tahun 1970’. Zam Nuldyn sendiri adalah komikus dari Deli Serdang yang banyak mengangkat khazanah sastra lisan rakyat Melayu dengan materi cerita yang kuat.

     


    5.       Wikipedia

    Definisi terakhir akan kita ambil dari situs Wikipedia. Di situs ini definisi komik adalah “Komik adalah media yang digunakan untuk mengekpresikan ide dengan gambar, sering dikombinasikan dengan teks atau informasi visual lainnya.”.

     


    Sebenarnya para ahli masih belum sependapat mengenai definisi komik. Ada yang berpendapat jika komik harus ditekankan dalam bentuk cetaknya, ada pula yang mementingkan kesinambungan antara gambar dan teks. Definisi komik sendiri sangat supel. Karena itu hingga hari ini definisi komik terus berkembang dengan berbagai istilah baru.

     

    Oke, baiklah. Walau terus berkembang dengan istilah baru, ada benang merah yang akan menghantarkan semua ulasan ini menjadi kesimpulan dong? Tentu saja. Jika Kelas Komik Mujix diperkenankan untuk merangkum semua definisi tersebut menjadi satu kalimat, maka dengan rendah hati, kesimpulan tentang definisi komik ala Kelas Komik Mujix kali ini ialah:

    “Komik adalah media berkomunikasi untuk menyampaikan suatu gagasan dengan menggunakan cerita dan gambar yang keduanya saling terkait dan berkelanjutan.”

     

    ***

     

    Begitulah materi ‘Kelas Komik Mujix: Eps.1. Komik Itu Apa Sih’! Di postingan ini, Kamu punya usul untuk pelajaran soal komik bab selanjutnya? Tulis di kolom komentar ya! Jangan lupa share ke teman-teman kamu jika dirasa ulasan ini memberikan manfaat. Sampai jumpa di materi selanjutnya! Salam komik lokal dimanapun anda mangkal.

     


    ***

    Kelas Komik Mujix adalah konten mandiri yang membagikan ilmu mengenai serba-serbi komik. Semua ulasan dan materi di postingan ini disusun oleh Mujix, seorang komikus dan illustrator yang saat ini tinggal di Boyolali. Konten Kelas Komik Mujix pertama kali tayang pada 24 Januari 2020 dan muncul berkala di akun instagram @mujixmujix.

    Ingin berkenalan dengan penulis postingan ini? silahkan mensien saja pemilik website ini di: 


    Twitter & Instagram@mujixmujix
    Facebook: Mujiyono Sutarno

    Oh iya,  komik 'Proposal Untuk Presiden' sudah tayang dan tampil di situs ini. Baca komiknya dari awal di sini:

    Proposal Untuk Presiden: Episode 0

    Sampai jumpa di Kelas Komik Mujix selanjutnya!

    Mujix
    Boyolali, 3 Februari 2021

     

     

      

  • 0 comments:

    Post a Comment

    Kutipan Dari Komiknya Mujix

    “Kebahagiaan itu bukan dicari, tapi diciptakan!” ― Galih Suryapradja, Proposal Untuk Presiden

    Search This Blog

    Powered by Blogger.

    ADDRESS

    Karang,RT/RW: 16/IV, Pentur, Simo, Boyolali, Jawa Tengah, 57377

    EMAIL

    mujiyonosutarno@gmail.com