• Wacom Intuos CTL 1400 Small Bluetooth


    Jadi beberapa bulan yang lalu, aku mendapat hadiah dari sebuah kompetisi komik. Dan hadiah tersebut adalah benda ini. Wacom Intuos CTL 1400 Small Bluetooth.



    So, aku mulai aja ya threadnya. Rupa sisi belakang kardus dari Wacom Intuos CTL 1400 Small Bluetooth. Aku bisa donlod 2 program gratis dari 3 yang ditawarkan. Ada softwere untuk membuat komik, foto editing, digital paiting dan cara menghapus kenangan indah mantan yang membuatmu enggan move on. Etapi yang terakhir bohong.


    Wuih, setelah dibuka, tampilan tablet Wacom Intuos CTL 1400 Small Bluetooth cakep sangat. Warnanya hitam mengkilat agak sedikit nge-doff dan lebih elegan dari tabletku yang dulu (Wacom Intuos Draw Small CTL 490). Kata Google, benda ini berada di antara kisaran harga Rp.1.200.000 sd Rp.1.500.000. Beda situs beda harga.


    Nah ini tampilan papan gambar Wacom Intuos Draw Small CTL 490, senjata lamaku. Masih kinyis-kinyis, soalnya saat menggambar aku meletakkan plastik di atasnya.



    Kabelnya hampir putus digigit tikus, dan penanya terselip hilang di Bogor, parah ya we. That's why I use my new one.


    Nah kembali senjata terbaru, di bawah papan hitam nan elegan itu ada benda-benda ini. Kabel, kartu garansi, pena, dan pamflet petunjuk penggunaan. Ternyata tidak ada CD driver, setelah aku baca, si driver bisa diunduh di situs Wacom. Well, benar-benar mengikuti zaman.


    Penanya lebih berat jika dibandingkan pena wacomku yang dulu. Kalau kata orang Jawa 'luwih anteb'. Di dalam pena Wacom Intuos CTL 1400 Small Bluetooth ada tiga mata pena (atau nib) cadangan. Jadi dalam waktu dekat tidak perlu khawatir kehabisan mata pena.
    Nah ini dia brosur paduan singkat Intuos. Intinya nancepin kabel, download master, instal, lalu tinggal make deh. Tak terlalu sulit. Oh iya, Wacom Intuos CTL 1400 Small Bluetooth ini bisa dipakai tanpa nancep kabel. Namanya juga ada fitur 'Bluetooth'-nya, Bro. Nah kalau mau make, aktipin aja dulu di pengaturan komputer/laptop kamu. Jangan dinyalain tombol di tengah pen tabletnya. Jika ada lampu berkedip berwarna merah, itu tandanya kapasitas baterai di tablet tersebut masih belum penuh. Tancepin aja ampe warna merah tersebut berganti menjadi warna biru. Kalau udah biru dan pengaturan Bluetooth  sudah terhubung, tinggal buang tuh kabel, dan langsung saja dipake sesuai kebutuhan. Durasi baterai di pena tablet tergantung pemakaian. Aku sekali nge-charge dengan estimasi waku yang random kadang bisa bertahan sampai 4 hari.

    Saatnya mencoba! Tingkat tekanan pena Wacom Intuos CTL 1400 Small Bluetooth cukup presisi, jadi jeda loading pena dengan kemunculan goresan di layar sangat aktual. Hampir tidak ada.
    Secara pressure mungkin sama dengan Wacomku yang dulu. Jadi ingat dulu pernah memakai Pen Tablet Genius. Beda jauhlah. Nggoresnya sekarang, gambarnya nongol besok pagi. wkwkw


    Dan jreng-jreng! Inilah gambar yang diciptakan dari Unboxing kali ini. Menggambar menggunakan pen tablet ini sangat menyenangkan. Sepertinya niat untuk mengurangi penggunaan kertas dapat segera dilaksanakan. Mungkin, aku kan angin-anginan.

    Ini versi warnanya, tentu saja pake Wacom Intuos CTL 1400 Small Bluetooth. Terdengar kecaman dari kejauhan 'Kalo cuman bikin ginian mah, pake mouse aja bisa, Malih!!'. Di postingan ini aku meyisipkan dua gambar yang dikerjakan dengan dua cara:

    1. Digambar dengan manual dengn DRAWING PEN dalam keadaan capek alias mabok.

    2. Digambar dengan digital dengan WACOM dalam keadaan segar bugar .

    Well. Ternyata infrastruktur itu penting, kisanak!
    Jadi bagus mana antara membuat karya MANUAL dan DIGITAL? sama-sama bagus. Disesuaikan saja dengan kebutuhan.

    Baiklah, terimakasih sudah menyimak postingan ini. Jika ada pertanyaan, saran, dan kritik silahkan balas di kolom komentar.

    ***

    Ingin terkoneksi dengan pembuat review ini? sapa di kolom komentar.
    atau mensien saja pemilik website ini di: 

    Twitter & Instagram@mujixmujix
    Facebook: Mujiyono Sutarno

    Oh iya,  komik 'Proposal Untuk Presiden' sudah tayang dan tampil setiap hari rabu jam 18.00 WIB, baca komiknya dari awal di sini:

    Proposal Untuk Presiden: Episode 0

    Sampai jumpa di review karya selanjutnya!

    Mujix
    Sukoharjo, 22 Oktober 2019
  • 0 comments:

    Post a Comment

    Kutipan Dari Komiknya Mujix

    “Kebahagiaan itu bukan dicari, tapi diciptakan!” ― Galih Suryapradja, Proposal Untuk Presiden

    Search This Blog

    Powered by Blogger.

    ADDRESS

    Karang,RT/RW: 16/IV, Pentur, Simo, Boyolali, Jawa Tengah, 57377

    EMAIL

    mujix@rocketmail.com