• Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower



    Buku ‘Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower’ adalah kumpulan komik humor strip yang tenar di dunia jagat internet dengan judul akun @komikape. Bayu Aryono/ Bayu Ape ialah kreator dibalik komik absurd ini. ‘Dower’ ialah istilah yang digunakan untuk menyebut bibir berbentuk tebal.

    Si Dower Tokoh utama komik
    ‘Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower', karakternya santai
    woles, kadang agak bodoh namun sering kali cerdas di saat-saat tertentu. 
    (Sumber Gambar: FB. @komik ape. 2019)

    Buku ‘Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower’ pertama kali dicetak oleh Penerbit EVDE MEDIA, Yogyakarta pada tahun 2018. Buku ini berisi kumpulan komik strip dengan tokoh berbibir dower. Apakah Bayu Aryono berhasil menyajikan karya yang menghibur dengan tokoh berbibir dower? Tentu saja! Yuk kita simak review episode ini!

    Salah satu cuplikan dari buku
    ‘Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower'. Si Kunti inipun berbibir dower.
    apakah pembuat komik ini juga berbibir dower? Tanyakan pada rumput yang ajojing. 
    (Sumber Gambar: Buku ‘Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower'.
    @komik ape | EVDE MEDIA,  2019)

    Buku ‘Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower’ ini mempunyai humor receh yang menggelegar di luar zona nyaman pemikiran orang normal.  Jika kamu seorang milenial, hidup di wilayah urban dengan penghasilan menengah kebawah, suka jokes ringan dengan punchline kuat, maka membaca komik ini adalah sebuah keharusan. Pola berkomedi yang ditawarkan komik ini sangat beragam. Mulai dari plesetan, parody, slapstick, hingga alur absurd. Hal itu menjadikan buku ‘Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower’ menjadi menarik untuk dijadikan koleksi dan referensi. Kok referensi? Jika kalian ingin mempelajari komik berhumor mainstream era ‘zaman now’, tentu saja komik ini tak boleh luput dari incaran.

    Salah satu komik dari
    ‘Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower'. Lucunya dimana?
    emang sengaja dipotong di jeda sebelum punchline! Silahkan beli bukunya! 
    (Sumber Gambar: Buku ‘Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower'.
    @komik ape | EVDE MEDIA,  2019)

    Kisah yang diangkat bermacam-macam, mulai dari cerita cinta, keseharian, drama , aksi, dan horror yang tentu saja disajikan dengan para karakter berbibir dower, kalian tak akan bosan. Sang kreator berhasil merealisasikan ide-idenya melalui goresan gambar sederhana yang dipadu dengan warna cerah dengan figur berbibir tebal di semua halaman.  Sebuah konsistensi yang patut diapresiasi. Di dalam buku ‘Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower’ Bayu Aryono berhasil membuat dunia yang  penuh keanehan dan ketidak-masuk-akalan hakiki. Congrats, Mas Bay!

    Fanbase penggemar Si Dower di Instagram yang
    sangat menggemari komik ini.
    (Sumber Gambar: Instagram. @komikape. 2019)

    Sayangnya sebagian komik di buku ini juga memiliki kadar komedi yang lemah. Beberapa malah membingungkan. Terkadang humor yang ‘tidak lucu’ lebih baik daripada humor yang ‘membingungkan’. Beberapa konten memiliki kandungan humor dengan ‘tanggal kadaluwarsa’, akan sangat lucu jika dibaca saat trend itu berlangsung. Namun akan sangat tidak lucu jika dibaca setelah trend tersebut menghilang (misalnya joke ‘Keluarga Tak Lapar Mata’ yang sepertinya plesetan dari cerita viral ‘Keluarga Tak Kasat Mata’). Kelemahan lain dari komedi absurd yang mengandalkan momen ialah, saat memasuki  pangsa pasar di wilayah baru yang berbeda kultur, komik itu akan menjadi ‘tidak lucu’. karena memang beberapa komedi hanya dimengerti oleh kalangan sendiri.  


    Salah satu adegan komik dari
    ‘Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower'. Menukil dari kisah fabel ' Si Kancil' 
    (Sumber Gambar: Buku ‘Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower'.
    @komik ape | EVDE MEDIA,  2019)

    Di beberapa bagian Sang komikus agak lemah dalam menggambar benda, secara anatomi maupun proporsi. Seremeh apapun, logika dalam bermain rupa juga harus tetap di jaga. Misalnya gambar Si Kancil bermuka mesum di bawah ini. Atau Si Gajah yang mirip bakwan ini. Ayolah, Cmoon, Jangan sampai bersembunyi dibalik ‘style gambar’ demi keengganan mempelajari ilmu baru.  Atau memang disengaja seperti itu agak ada yang bisa untuk dikritik?

    Masih mencomot dari kisah fabel ' Si Kancil'. Itu kancilnya sange amat, Mas Bay? wkwkwk
    (Sumber Gambar: Buku ‘Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower'.
    @komik ape | EVDE MEDIA,  2019)

    Humor yang tidak lucu dan membingungkan memang sebuah fase yang harus ada dalam membuat komik komedi, salah satu mengatasi gagap humor tersebut ialah mempelajari gaya komik humor pengarang lain, lintas genre dan lintas generasi. Dengan menerima nutrisi berkomedi dari banyak maestro, skill melucu akan terasah dan membuat pola berhumor makin segar.

    Penampakan Si Dower di awal karir beberapa tahun silam.
    well, emang improve itu ada jika manusia terus berkarya.
    (Sumber Gambar: FB. @komik ape. 2019)

    Humor dengan tanggal kadaluwarsa, salah satu solusinya ialah memberikan informasi mengenai ‘catatan kecil’ soal latar belakang dibalik pembuatan karya tersebut. Solusi lain jika ingin menjangkau pemirsa baru bisa juga dengan membuat KARYA ANYAR namun dengan riset berdasarkan khalayak yang ingin dituju.
    Cover depan dari buku amazing bin dower ini!

    (Sumber Gambar: Buku ‘Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower'.
    @komik ape | EVDE MEDIA,  2019)

    Kalau luang tolong anatomi maupun proporsi-nya diperbaiki, Mas. Sederhana boleh, ngawur jangan! Ditunggu karya selanjutnya ya, Mas Bay!  Quote paporit: “Mas, Beli Es Finto penyejuknya empat, ya!!”. 


    Mau membaca komik Buku ‘Dower: Komik Tentang Semua Yang Dower'?  Cari di toko buku terdekat, atau baca komik Si Dower lainnya di sini: Komik Ape aka Extra Bawang di Instagram

    ***


    Ingin komik/webtoon/ karya kamu direview? 
    Silahkan kirim tautan karya kamu di kolom komentar.
    atau mensien saja pemilik website ini di: 

    Twitter & Instagram@mujixmujix
    Facebook: Mujiyono Sutarno

    Oh iya,  komik 'Proposal Untuk Presiden' sudah tayang dan tampil setiap hari rabu jam 18.00 WIB, baca komiknya dari awal di sini:

    Proposal Untuk Presiden: Episode 0

    Sampai jumpa di review karya selanjutnya!

    Mujix
    Pentur, 18 Oktober 2019
  • 0 comments:

    Post a Comment

    Kutipan Dari Komiknya Mujix

    “Kebahagiaan itu bukan dicari, tapi diciptakan!” ― Galih Suryapradja, Proposal Untuk Presiden

    Search This Blog

    Powered by Blogger.

    ADDRESS

    Karang,RT/RW: 16/IV, Pentur, Simo, Boyolali, Jawa Tengah, 57377

    EMAIL

    mujix@rocketmail.com