• Review : Rio The Good Kid



    ‘Rio The Good Kid’  jika diartikan dalam bahasa Indonesia bisa bermakna,‘Rio Si Anak Baik’. Kisah ‘Rio The Good Kid’  dibuat oleh Fairy Demon sebagai penulis, dan Baradiza sebagai penggambar. Komik dibuka dengan langit senja berwarna  warna biru menuju jingga, indah sekali. Seakan menjadi pertanda bahwa  komik yang berjudul ‘Rio The Good Kid’ bakal jadi kisah yang mengharu biru. Dan seperti yang diduga, komik yang bisa kalian baca di LINE Webtoon Challenge ini menghadirkan cerita keseharian manis sebuah keluarga dramatis. Dramatis seperti apa sih? Silahkan baca sendiri ya.


    Tokoh bernama Lidya, ibu angkat Rio.
    (Sumber Gambar: Line Webtoon Challenge. Rio The Good Kid. 2019)

     
    Kekuatannya? prolog  yang dibuat Fairy Demon untuk chapter ini menarik. Sepertinya sang penulis bakal menawarkan komik bergenre slice of life  yang bersahaja. Tiga tokoh yakni Rio, Lidya, dan Orchi sudah hidup dengan sifatnya masing-masing. Dan itu bagus.  Desain karakter secara rupa dan pewarnaan komik ini menyenangkan sekali. Gaya gambar Baradiza  yang kartunal nan empuk ala serial animasi amerika juga sangat kental dan membuat karya ini layak untuk diapresiasi. Perpaduan kalimat dan gambarnya seru! Goodjob banget Fairy Demon dan Baradiza!


    Tokoh Orchi bernama Orchi, juga ibu angkat Rio.
    (Sumber Gambar: Line Webtoon Challenge. Rio The Good Kid. 2019)


    Kelemahannya?  Komik ini terbit pada tanggal 19 November 2018, dan baru nongol satu episode hingga hari ini. Latar belakang waktu dan tempat dimana dunia komik ini sepertinya memang  kurang  jelas (atau belum!?), yang pasti sebuah perkotaan di masa sekarang. Dari sudut pandang pembaca, komik ini belum membuat pembaca kecanduan. Entah karena humor yang kurang, atau dari premis cerita soal Rio yang katanya ‘Good Kid’ namun belum jelas ‘baik’-nya dimana. Oh iya, satu lagi, tata letak komiknya di beberapa bagian terlalu ramai dan padat.

    Peluangnya? Di bab selanjutnya pasti bakal asyik, jika para kreator bisa memberikan ruang untuk tertawa kepada pembaca. Entah melalui joke lucu atau adegan goblok di beberapa panel. Bisa juga memancing rasa penasaran di akhir episode dengan pemotongan adegan yang tepat, dan mungkin ditambah beberapa panel kosong atau jeda antar adegan yang agak lebar, agar pembaca bisa sedikit beristirahat.  

    Tokoh bernama Rio, Karakter utama komik ini.
    (Sumber Gambar: Line Webtoon Challenge. Rio The Good Kid. 2019)

    Penggalan kalimat dari komik ‘Rio The Good Kid’  yang paling nendang dan membuat trenyuh adalah ‘Rumah adalah tempat dimana ibumu berada. ‘Rumah’ dan ‘Ibu’, hei, Premis yang menarik, kalian sudah punya dua ‘senjata’ ampuh untuk mengaduk-aduk perasaan pembaca, lho! Can’t wait the next episode from ‘Rio The Good Kid’ series. 

    Mau membaca komik ‘Rio The Good Kid’? 
    Silahkan main ke tautan ini: Rio The Good Kid

    Ingin komik/webtoon/ karya kamu direview? Silahkan kirim tautan karya kamu di kolom komentar.
    atau mensien saja pemilik website ini di: 

    Twitter: @mujixmujix
    Instagram: @mujixmujix
    Facebook: Mujiyono Sutarno

    Sampai jumpa di review karya selanjutnya.


    Mujix
    Simo, 12 April 2019
  • 0 comments:

    Post a Comment

    Kutipan Dari Komiknya Mujix

    “Kebahagiaan itu bukan dicari, tapi diciptakan!” ― Galih Suryapradja, Proposal Untuk Presiden

    Search This Blog

    Powered by Blogger.

    ADDRESS

    Karang,RT/RW: 16/IV, Pentur, Simo, Boyolali, Jawa Tengah, 57377

    EMAIL

    mujix@rocketmail.com