• Tips Puasa Sehat Ala Si Amed

    Halo Mas dan Mbak, tidak terasa ya tiba-tiba udah mau berpuasa di bulan Ramadhan lagi.
    Nah sebelum ibadah puasa kita mulai, ada baiknya Mas dan Mbak menyimak
    tips-tips dari Amed agaribadah puasa Ramadhan kali ini bisa berlangsung lancar tanpa halangan apapun. sudah siap?

    1. Makan.
    Saat berpuasa ramadhan, waktu yang diwajibkan untuk mengisi perut adalah saat sahur dan berbuka. Jika saat waktu itu tiba, jangan sampai terlalu banyak makan. Jika memang ingin makan banyak,
    berilah jeda untuk beberapa saat.

    Selain tidak bagus untuk pencernaan, terlalu banyak makan bisa membuat sakit perut
    dan apabila kekenyangan juga tidak terlalu nyaman dipakai untuk beraktivitas.

    Makanlah dengan porsi normal sesuai kebutuhan nutrisi tubuh. Kata Ayah gitu Mas, Mbak.
    Kalo soal 'minum' gimana Mas?

    2. Minum 

    Aturan untuk minum secukupnya juga berlaku saat Puasa di bulan Ramadhan. Minumlah 3 sampai 5 gelas saat sahur dan berbuka.

    Kalau bisa hidari minuman yang ada kafeinnya seperti kopi atau teh ya Mas. Kata Pak Dokter, minuman berkafein berpotensi untuk menguras cairan tubuh lebih cepat. Minum air putih adalah yang terbaik. Tapi kalo cuacanya panas kayak gitu bagaimana ya?

    3. Matahari
    Jangan terlalu lama berada di luar saat siang hari. Terik matahari yang terlalu panas apabila diterima tubuh dapat membuat dehidrasi.

    Apabila hal tersebut tidak bisa dicegah, cobalah untuk memakai pelindung seperti payung, jaket dan topi. Kalo puasa butuh olahraga gak sih?

    4. Olahraga.
    Olahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga kondisi fisik. Hal itu juga berlaku saat puasa di bulan Ramadhan. 

    Nah, tipsnya adalah pilihlah olahraga yang ringan dan sesuai dengan kondisi tubuh. misalnya, senam, yoga, jalan kaki atau jogging. 

    Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat tanpa ada pengawasan dari ahlinya. Oh iya, saat sahur dan berbuka, menu makanan juga harus dijaga lhooh. Hah? menu makanan yang mana?

    5. Menu Makanan.

    Usahakan menghindari (atau kurangi kalau kalian ngotot :p ) makanan berminyak, karena mengandung banyak kolesterol yang berbahaya bagi jantung. Oh iya, terlalu banyak makan yang pedas tidak baik juga membuat sakit perut. 

    Baikya makanlah makanan berserat yang sangat baik untuk tubuh. Selain untuk memperlancar pencernaan dan memberikan nutrisi vitamin, makan sayur dan buah bermanfaat menjaga fisik
    tetap bugar saat berpuasa. Biar tetap bugar pola istirahat juga harus diperhatikan lhoooh.
    mau tahu caranya?

    6. Tidur.
    Walau tidur aja bisa disebut ibadah dan dapat pahala, bukan berarti kita harus tidur sepanjang waktu. 

    Cobalah mengalihkan rasa lelah itu dengan aktivitas yang lebih positif seperti membantu orang lain, merawat kebun, les piano atau membaca buku. membaca buku komik. Komik 'Proposal Untuk Presiden'. Mas dan Mbak udah baca belum? baca dong daripada marah-marah saat puasa. 
    Emang marah-marah saat puasa enggak baik? 

    7. Emosi.
    Selain menahan lapar dan haus, puasa yang baik hendaknya juga bisa mengontrol emosi. 
    Rasa marah, benci, sedih atau cemas yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. Walau susah, emosi yang terkontrol dengan baik membuat ibadah puasa kita lebih berkah dan meningkatkan sistem imun tubuh kita untuk kebal terhadap datangnya penyakit.
    Makanya, yuk jadikan Puasa Ramadhan ini sebagai ajang untuk menguasai emosi diri sendiri.

    Kira-kira seperti itu deh, Mas dan Mbak.
    semua tips ini Amed dapat dari nasihat
    orang-orang sekitar Amed. 

    Apabila dirasa bermanfaat, Silahkan bagikan tips ini ke teman-teman
    yang lain. Salam sehat. Ingin terhubung, berkenalan, atau sekedar bertukar cerita dengan komikus si Amed?


    Silahkan kontak dia di:
    Twitter & Instagram: @mujixmujix
    Facebook: Mujiyono Sutarno

    atau ingin membaca komik Si Amed?

    Silahkan main ke sini:
    Fanspage Si Amed
    Instagram: @agusmediprakoso
    Sampai jumpa di postingan berikutnya.

    Mujix
    Bogor, 19 Februari 2019
  • 0 comments:

    Post a Comment

    Kutipan Dari Komiknya Mujix

    “Kebahagiaan itu bukan dicari, tapi diciptakan!” ― Galih Suryapradja, Proposal Untuk Presiden

    Search This Blog

    Powered by Blogger.

    ADDRESS

    Karang,RT/RW: 16/IV, Pentur, Simo, Boyolali, Jawa Tengah, 57377

    EMAIL

    mujix@rocketmail.com